Selasa, 13 Maret 2012

Trik Kapal Meluncur Sendiri

TRIK KAPAL MELUNCUR

Kapal - kapalan yang udah kita rancang sendiri, bisa meluncur sesuai kehendak kita.

Kok bisa ?

Intip nyokk


Sebelumnya sediakan alat dan bahannya :
1. Karton
2. Air sabun
3. Air dalam baskom

Cara kerjanya :
1. Gunting karton dan rancang sehingga membentuk penampang kapal atau perahu
2. Buat celah di bagian belakangnya
3. Beri air sabun di celah ini
4. Letakkan kapal-kapalan ini di permukaan air

Apa Yang Terjadi?

Kapal-kapalan mulai meluncur

Mengapa?

Di permukaan air terdapat film atau lapisan tipis yang tak tampak, disebut dengan tegangan antar permukaan. Sabun bersifat menurunkan tegangan permukaan, sehingga tegangan permukaan air di bagian perahu yang bersabun lebih kecil dibanding di permukaan yang lain. Perbedaan tegangan ini membuat air bergerak ke bagian belakang perahu yang diberi air sabun sehingga mendorong perahu.

Yang membuat detergen bisa menurunkan tegangan permukaan air adalah zat didalam detergen tersebut yang dinamakan surfaktan. Surfaktan merupakan zat aktif permukaan yang termasuk bahan kimia organic yang dapat menjadi penurun tegangan permukaan yang dapat diproduksi melalui sintesis kimiawi maupun biokimiawi. Karakteristik utama surfaktan adalah memiliki gugus polar dan non polar pada molekul yang sama. Ia memiliki rantai kimia yang sulit didegradasi (diuraikan) alam. Surfaktan mempunyai dua sifat sekaligus, yaitu hydrophobic dan hydrophilic. Surfaktan menurunkan tegangan permukaan air dengan mematahkan ikatan-ikatan hidrogen pada permukaan.

Ketika suatu deterjen ditambahkan ke butiran air dalam permukaan yang berminyak, tegangan permukaan akan menurun, butiranbutiran akan hancur, dan air akan menyebar. Tegangan permukaan cairan dapat didefinisikan sebagai gaya per satuan panjang pada permukaan cairan yang melawan ekspansi dari luas permukaan. Tegangan permukaan cairan γ, berbeda-beda bergantung pada jenis cairan dan suhu. Adanya zat terlarut pada cairan dapat menaikkan atau menurunkan tegangan permukaan tergantung sifat zat terlarutnya. Makin kecil nilai γ suatu cairan, makin besar kemampuan cairan tersebut membasahi benda. Secara fisika deterjen merupakan zat yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan zat cair.

Sekian . . . :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar