Jumat, 02 Maret 2012

Balon Ditusuk, tidak Meledak ?

Teman - teman ..... Terpikir gak, kenapa balon bisa gak pecah saat ditusuk jarum ?


Trik ini merupakan permainan Sulap yang sering kali kita lihat atau ketahui pada pesta ulang tahun anak - anak. Si Pesulap menunjukkan sebuah balon lalu ditusuk dengan jarum yang panjang hingga tembus...

Seharusnya balon itu meletus kan...??? Tetapi, ini tidak. Kok bisa ?


Pada gambar diatas, jarum ditusukkan pada bagian karet balon yang lebih tebal dan yang bisa dikerutkan, cara menususknya adalah dengan cara mengerutkan terlebih dahulu bagian yang akan ditusuk, lalu jarum ditusukkan secara perlahan-lahan. Tangan pada gambar menahan lubang tempat jarum itu masuk agar balon tidak meletus, sedangkan ujung jarum menembus tepat di sisi ikatan karena bagian itu lebih banyak kerutan sehingga balon tidak meletus.

Tapi bagaimana jika jarum ditusukkan dari samping hingga tembus, padahal bagian samping adalah bagian terketat dari balon, sedikit saja tersentuh jarum...balon pasti meletus...???

Caranya sangan mudah... Kedua sisi balon dilapisi dengan isolasi bening. Jarum menusuk tepat di isolasi lalu menembus bagian seberangnya yang juga dilapisi isolasi...
Ada lagi trick menusuk balon dgn jarum tanpa meledak yaitu dengan menggunakan minyak.Oleskan minyak pada ujung jarum maka balon tidak akan meledak saat jarum menembus balon. 
Sebenarnya, teori yang digunakan saat melakukan trick ini adalah ketika balon ditusuk tepat pada bagian yang ada selotipnya, balon tidak meletus, karena tegangan permukaan balon yang ditempelin selotip jadi berkurang banyak sehingga kalau ditusuk pada bagian yang ada selotipnya balon tidak meletus. Nggak usah ditempelin selotip pun, kalau kamu menusuk pada bagian balon yang tidak mengembang maka balon tidak akan meletus, itu dikarenakan bagian balon yang tidak mengembang permukaannya tidak terlalu tegang.
http://rahasiadialamsulap.blogspot.com/2010/01/rahasia-trik-balon-ditusuk-tidak.html

3 komentar:

  1. waaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh waaahhhhhhhhhhhhhhhhhh
    kamu hebatttt
    limbat generation yaaahhh

    BalasHapus
  2. biasa ajja itu.....
    bagian yg d tusuk bisa d oleskan minyak
    atau di lem pakai lak ban putih
    biasa.biasa.biasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yukk marii,,join k follow saiahh,,,dan klo bisa kita buat ide2 cemerlang...
      :)

      Hapus